Ayam atau Telur Duluan? Terjawab Sudah

Para ilmuwan menyimpulkan ayam muncul pertama, bukan telur, karena protein pembentuk kulit telur hanya diproduksi oleh ayam. #Fagam

Para ilmuwan menyimpulkan ayam muncul pertama, bukan telur, karena protein pembentuk kulit telur hanya diproduksi oleh ayam. #Fagam

Mana yang duluan, ayam atau telur? Pertanyaan ini memang terkesan sepele, akan tetapi untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu menggali pengetahuan sains yang mendalam.

Mengapa pertanyaan sepele ini masih banyak diperdebatkan. Apa sih pentingnya mana yang duluan? Sebenarnya ada pesan penting yang tersirat dalam pertanyaan ini. Bagi filsuf kuno, pertanyaan ini adalah pertanyaan filosofis yang rumit mengenai darimana datangnya jagat raya ini. Jika semua yang kita lihat terjadi dari proses sebelumnya, lalu bagaimana proses tersebut terjadi? Teka-teki filosofis itu kemudian dianalogikan menjadi teka-teki ayam atau telur.

“Kalau ayam menetas dari telur, telurnya datang darimana? Berarti sebelumnya ada ayam yang menetaskan telur itu? Tapi ayam itu pasti menetas dari telur juga kan? Jadi mana yang duluan?”

Berikut jawaban dari pandangan sains:
Para ilmuwan menjelaskan bahwa protein esensial pembentuk cangkang telur (ovocleidin-17) hanya ditemukan dalam ovarium ayam. Tanpa adanya protein ini, cangkang telur tidak dapat terbentuk. Secara teknis, tanpa adanya ayam, kita tidak bisa punya telur ayam. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ayam muncul duluan, bukan telur.

Sebagian kalangan berpandangan, tidak pernah ada penciptaan, semua yang terjadi hanyalah kebetulan, termasuk juga kehidupan dibumi. Dan halnya keberadaan telur dan makhluk hidup, ada karena kebetulan saja.

Namun, sebagian kalangan percaya adanya penciptaan, percaya keberadaan Tuhan, berpandangan tidak ada yang kebetulan, semuanya diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Namun demikian, semua orang boleh berbeda pandangan, tapi perlu disertai dengan alasan ilmiah sebagaimana yang diungkapkan diatas. (sumber: today.com)

No comments have been made. Use this form to start the conversation :)

Leave a Reply