Kotoran Manusia Mengandung Logam Mulia

Fagam Kotoran Manusia Mengandung Logam Mulia

Para peneliti di Amerika Serikat menemukan bahwa kotoran manusia mengandung logam mulia seperti emas, juga perak. #Fagam

Percayakah dengan anggapan tidak ada sesuatu yang diciptakan sia-sia dimuka bumi ini? Jika tidak, mungkin penelitian para ilmuwan asal Amerika Serikat ini akan mengejutkan Anda.

Dikutip dari Medical Daily, para ilmuwan bersama US Geological Survey (USGS) menyatakan telah menemukan kandungan emas dalam kotoran manusia. Nilainya pun sangat mencengangkan, mereka menafsir emas yang terkandung seharga jutaan dolar atau setara miliaran rupiah.

Selain makanan yang dimakan, kotoran manusia pun mengandung berbagai logam dan mineral, seperti tembaga, emas, dan perak. Dalam studi penelitian, para ilmuwan mengukur jumlah emas yang terkandung berada pada tingkat deposit mineral minimal.

Kathleen Smith seorang ahli geologi USGS sekaligus peneliti dalam studi ini, mengatakan bahwa jika level tersebut ditemukan pada batu, maka batu itu akan dianggap sebagai prospek pertambangan. Lalu bagaimana dengan kandungan emas pada kotoran manusia? Apa berarti akan ada pertambangan feses?

Terdengar agak gila, tapi mungkin saja akan benar-benar terjadi, paling tidak di Amerika. Di Amerika Serikat, buangan kotoran manusia dari toilet akan bergerak ke pabrik pengolahan limbah.
Disana, serangkaian proses fisik, biologi, dan kimia dilakukan untuk memisahkan kotoran manusia menjadi biosolid dan air. Biosolid adalah bahan organik kaya nutrisi yang berasal dari pengolahan endapan kotoran.

3,5 juta ton biosolid di AS dikirim ke tempat pembuangan sampah untuk dibakar. Sisa lainnya digunakan untuk pupuk. Tapi bagaimana para ilmuwan mampu menggunakan biosolid untuk tambang emas?

Smith dan timnya menggunakan bahan kimia tertentu yang disebut lindi untuk menarik logam dari batu. Teknik ini pun mereka terapkan untuk menarik emas dari biosolid.

Mereka menemukan berbagai mineral dan logam di biosolid. Mereka berpikiran mungkin dengan menambang kotoran, mereka bisa menemukan cara baru untuk mendapatkan emas, perak, dan elemen berharga lainnya. (sumber: cnnindonesia.com)

No comments have been made. Use this form to start the conversation :)

Leave a Reply