Modifikasi Motor Honda Dengan Ban Kecil, Bolehkah?


Beberapa orang melakukan modifikasi motor honda dengan mengganti ban menjadi lebih kecil. Hal ini tidak lain demi memperlihatkan sebuah motor dengan kesan yang lebih ramping. Sebaliknya modifikasi dengan ban yang lebih besar akan memperlihatkan kesan sepeda motor yang lebih berbobot. Tapi, modofikasi dengan ban kecil adalah salah satu modifikasi yang sampai saat ini jadi tren anak muda dalam memodifikasi motornya.

Masalahnya, kita tinggal di negara hukum. Semuanya telah di atur oleh hukum, apalagi yang menyangkut kepentingan umum. Sudah pasti hukum mengaturnya. Nah berkaitan dengan kendaraan bermotor, hukum yang mengaturnya adalah Undang-Undang beserta peraturan pelaksanaanya. Untuk undang-undang sebagai hukum tertulis ada pada UU No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan umum.

Pergantian Ban yang Diperbolehkan

Mengenai ban, Undang-Undang telah mengaturnya dengan jelas. Segala hal mengenai kendaraan di atur di sana. Soal modifikasi motor honda pada bagian ban, juga di atur dalam UU tersebut. Tepatnya pada pasal 16 UU Lalu litas. Di sana, anda bisa mengetahui bagaimana jenis dan ukuran ban yang bisa kamu gunakan.

Pergantian ukuran ban, kamu harus memperhatikan spesifikasi dan hal lain yang ada pada ban, terutama kode Load Index yang tercantum di ban. Load Index adalah kode yang ada pada ban yang menunjukka beban masimal yang bisa ditanggung ban. Misalnya saja bila ban dengan kode LI 51, itu berarti ban tersebut hanya bisa menanggung beban dengan berat 195 kg.

Semakin besar kode LI ban, semakin besar pula ukuran ban. Begitupun sebaliknya, semakin kecil kode LI ban, maka semakin kecil pula berat yang mampu ditanggung ban. Maka dari sini sudah jelas, mengenai ban yang bisa kita gunakan untuk memodifikasi motor honda kita. kita harus menggunakan ban yang bisa menanggung beban berat motor, dan beban pengendara. Jadi bisa ditebak bukan, kalau ban kecil tidak diperbolehkan untuk motor sport yang anda miliki. Oleh karena itu, yuk kita kreasikan motor kesayangan kita dengan mengikuti peraturan dan saran yang sudah diatur. Agar kita aman dan nyaman dalam berkendara.

No comments have been made. Use this form to start the conversation :)

Leave a Reply