Tips Mengetahui Kualitas Cincin Emas dari Harga

Pernahkah Anda pergi ke toko perhiasan untuk membeli atau memesan sebuah cincin emas? Ketika kita membeli cincin emas pastinya kita menginginkan kualitas emas yang paling bagus bukan? Nah bagaimana cara kita mengetahui kualitas cincin emas, khususnya dari sisi harga cincin emas? Berikut ini adalah beberapa tips dan informasi untuk Anda yang sedang mencari informasi tentang kualitas cincin emas, khususnya dari sisi harga.

Ketika Anda ingin membeli cincin emas biasanya Anda akan ditanya oleh penjual ingin membeli emas dengan tingkatan berapa karat. Tapi tahukah Anda, apa yang dimaksud dengan karat tersebut? Pengertian karat sendiri adalah sistem pengukuran tingkat kemurnian emas. Kadar 24 karat adalah kadar tingkatan tertinggi, sehingga emas dengan kadar 24 karat dinyatakan sebagai emas murni. Sebagai contoh, emas dengan kadar 23 karat berarti memiliki tingkat kemurnian 23/24 X 100% yang berarti tingkat kemurniannya bernilai sekitar 95,8%. Lalu bagimana dengan 2% nya? sisanya 2% adalah berupa kandungan bahan lainnya, seperti nikel, tembaga, dan bahan serupa lainnya.

Tingkatan karat ini juga menentukan harga suatu perhiasan emas, khususnya cincin. Semakin tinggi tingkatan karat berarti semakin berkualitas cincin emas tersebut dalam segi kemurniannya. Semakin berkualitas cincin emas tersebut maka semakin tinggi pula harga yang dipatok dalam segi kemurnian emasnya.Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana untuk kita dapat mengetahui sendiri kadar karat pada cincin emas yang ingin kita beli? Sebenarnya, ada beberapa metode yang biasa dilakukan untuk menguji kemurnian emas. Diantaranya yaitu :

1.    Uji Gosok Emas

Umumnya dilakukan dengan cara menggosokkan perhiasan cincin emas pada batu, kemudian ditetesi semacam zat kimia. Adapun zat kimia yang digunakan adalah asam nitrat, asam klorida, dan campuran dari keduanya yang disebut air raja (aqua regia).

2.    Uji menggunakan Gold Tester

Pengujian ini metodenya menggunakan alat yang dapat mendeteksi karat dengan cara menempelkan ujung jarumnya ke perhiasan cincin emas.

3.    Uji metode Berat Jenis

Mengingat setiap benda memiliki berat jenis atau yang biasa disebut massa jenis, emas pun bisa dengan mudah dikenali dengan mencari berat jenisnya.

Jadi apakah semakin tinggi kadar karat maka semakin bagus perhiasan tersebut? Sebenarnya tidak, karena kadar karat yang besar sebuah emas tidak menjadi jaminan emas tersebut semakin bagus. Hal itu dikarenakan perhiasan cincin emas yang dibuat dari emas murni apabila ditambahkan elemen lain seperti berlian maka resiko hilangnya berlian akan semakin tinggi.

Selain itu, semakin tinggi kadar karat emas justru efeknya tidak baik untuk perhiasan. Hal ini dikarenakan perhiasan tersebut akan menjadi lunak karena sifat asli emas murni adalah lunak, mudah bengkok, dan mudah untuk dipatahkan. Artinya emas tersebut tak cukup kuat untuk menahan elemen lainnya yang disisipkan, misalnya berlian. Resiko lainnya adalah cincin emas akan mudah berubah bentuk ketika terkena panas.

Lalu, emas dengan kadar karat berapa yang paling tepat untuk perhiasan cincin? Anda bisa memilih emas dengan kadar karat 75% atau kadar karat 18 hingga 22. Emas dengan kadar karat tersebut dinilai ideal untuk perhiasan. Jadi jangan khawatir, terutama untuk Anda yang belum memiliki pengalaman dalam membeli cincin emas atau perhiasan lainnya. Langkah yang paling aman adalah dengan membeli perhiasan emas di tempat yang pasti dan terpercaya didaerah Anda. Semoga informasi diatas berguna untuk Anda.

No comments have been made. Use this form to start the conversation :)

Leave a Reply