6 Tips Untuk Menjadi Ibu Hamil Yang Sehat

10 Cara Mencegah Kehamilan Secara Alami

Jika kalian sedang hamil, kalian kemungkinan akan mendapatkan saran dari banyak orang dan dari semua sudut. Semoga kalian selalu mendapatkan saran bagus dari dokter dan perawat kalian. kalian juga  mungkin akan melihat iklan muncul di halaman depan Facebook kalian untuk apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan selama kehamilan. Mungkin sebagian dari saran ini akan bertentangan dengan apa yang dikatakan orang lain. Jadi bagaimana kalian mengatasinya? Berbicara dengan dokter atau perawat adalah tempat yang tepat untuk memulai segala sesuatu selama masa kehamilan. Pastikan kalian menyiapkan daftar pertanyaan saat kalian pergi ke dokter.

Belum ke dokter? Berikut adalah 7 tips untuk membantu kalian memulai menjadi iby yang sehat dan bayi yang sehat:

  • Mulai minum vitamin prenatal segera setelah kalian tahu kalian hamil. Jika kalian belum melakukan perawatan dengan dokter untuk memulai cek kandungan, sebaiknya kalian mengkonsumsi suplemen dan vitamin untuk ibu hamil.
  • Hubungi dokter kandungan atau dokter obgyn atau bidan perawat untuk berkonsultasi masa kehamilan sesegera mungkin. Perawatan prenatal dini akan membuat kalian dan bayi kaian memiliki awal yang baik.
  • Pastikan untuk dites untuk IMS (Infeksi Menular Seksual). Tes ini biasanya terjadi pada kunjungan pranatal pertama kalian. PMS (Penyakit Menular Seksual) dalam kehamilan bisa berbahaya bagi kalian dan bayi kalian. Baik gonore yang tidak diobati dan klamidia yang tidak diobati dapat meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran prematur. Bayi yang lahir ketika ibunya menderita infeksi gonore aktif juga dapat mengalami kebutaan, infeksi sendi atau infeksi darah yang mengancam kehidupan. Bayi baru lahir yang terkena klamidia dapat mengalami infeksi mata dan pneumonia yang parah. 
  • Berhenti merokok, minum alkohol atau menggunakan obat-obatan. Ini semua bisa sangat berbahaya bagi bayi kalian dan bisa menyebabkan cacat pada buah hati. 
  • Tetapkan pola makan sehat. Dokter biasanya akan memberikan pengetahuan yang membantu kalian mempelajari apa yang penting untuk dimakan dan dihindari selama kehamilan. Inilah awal yang baik tentang makan yang benar selama kehamilan.
  • Pastikan untuk mendapatkan vaksin yang direkomendasikan selama kehamilan. (Ya, ada beberapa vaksin yang harus kalian dapatkan saat hamil.)
  • Vaksin influenza Melakukan vaksin influenza selama kehamilan melindungi kalian dari flu. Kemungkinan bayi kaian yang baru lahir akan terserang flu selama beberapa bulan setelah ia lahir. Wanita hamil dan bayi baru lahir berada pada risiko yang meningkat untuk komplikasi serius dari flu. Mendapatkan vaksin ini sangat penting untuk kesehatan kalian dan bayi kalian.
  • Vaksin Tdap (Tetanus, diphtheria, dan aselular pertusis). Pertusis, atau batuk rejan, bisa sangat berbahaya bagi bayi baru lahir. Sekitar setengah dari bayi yang menderita batuk rejan berakhir di rumah sakit dan beberapa meninggal karena penyakit yang mengancam jiwa ini. Ketika kalian mendapatkan vaksinasi terhadap batuk rejan, itu akan membantu melindungi bayi kalian dari sampai ia cukup umur untuk mendapatkan vaksinasi.

Pelajari semua yang kalian bisa tentang kehamilan, nutrisi, perkembangan dan persiapan janin untuk persalinan dan kelahiran. Semoga dengan adanya artikel ini kalian bisa mengetahui beberapa hal penting yang harus dilakukan oleh ibu hamil. Dengan menjalankan 6 tips di atas diharapkan setiap ibu memiliki masa kehamilan yang sehat sehingga bisa menjadi ibu yang sehat dan anak yang sehat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian!

 

No comments have been made. Use this form to start the conversation :)

Leave a Reply