Definisi Pipa PVC Beserta Fungsinya

Bagi kamu yang ingin menggunakan pipa PVC untuk dijadikan saluran air, tentu saja memahami dulu pengertian pipa PVC dan fungsinya merupakan hal yang penting. Mengapa demikian? Ya, dengan mengetahui pengertian serta fungsi dari pipa PVC, maka kamu akan mendapatkan pipa PVC yang sesuai dengan kebutuhan. Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi seputar pipa PVC, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

Pengertian Pipa PVC

Pipa PVC (polyvinyl chloride) merupakan salah satu produk materiall berbahan termoplastik yang pertama kali digunakan untuk kebutuhan saluran air. Bukan hanya itu, ternyata pipa PVC juga adlah jenis pipa yang paling banyak digunakan hingga saat ini lho. Hal tersebut bukan tanpa alasan, mengingat pipa PVC memiliki beragam fungsi untuk kebutuhan kita. 

Sesuai dengan namanya, jenis pipa yang satu ini terbuat dari bahan PVC (polyvinyl chloride) yang memiliki bobot ringan dan bertekstur elastic. Material tersebut merupakan salah satu produk polimer termoplastik di urutan ke-3. Harga pipa PVC itu sendiri tergolong cukup murah, dan juga tidak sulit untuk kita jumpai dipasaran.    

Manfaat Pipa PVC Untuk Kebutuhan Manusia

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa pipa PVC banyak dipilih masyarakat karena memiliki beragam manfaat. Lantas, seperti apa sajakah manfaatnya? Adapun mengenai beberapa manfaat pipa PVC yang harus kalian ketahui seperti berikut :

  • Menjadi saluran supply untuk kebutuhan air bersih maupun air kotor atau buangan.
  • Bisa dijadikan sebagai pelindung kabel listrik yang ditanam di bawah tanah maupun dinding rusak, karena sifatnya yang tidak membusuk, tidak berkarat dan tahan terhadap perubahan cuaca.
  • Tak hanya itu, pipa PVC juga dapat digunakan untuk pemakaian tekanan tinggi seperti saluran bahan kimia, irigasi, air minum, hingga sprinkler. 
  • Dapat digunakan untuk pemakaian tekanan menengah seperti venting pada bangunan, pembuangan, irigasi, dan air minum. 
  • Bisa dijadikan saluran bahan kimia dengan beragam macam fungsi pemakaian.
  • Bisa digunakan untuk tekanan rendah seperti air hujan, pembuangan air di jalan raya, pembuangan bahan kimia, pembuangan limha, hingga selokan. 

Keunggulan Menggunakan Pipa PVC

  1. Proses Pemasangan yang Mudah

Jika dibandingan dengan jenis pipa berbahan besi, proses instalasi atau pemasangan menggunakan pipa PVC ini jauh lebih mudah lho. Ya, hal tersebut dikarenakan materialnya yang terbuat dari bahan termoplastik, sehingga menjadikannya lebih mudah saat dipotong tanpa mengeluarkan tenaga ekstra dan biaya besar. Bukan hanya itu, pipa PVC juga memiliki bobot yang ringan sehingga akan lebih mudah saat diangkut. 

  1. Tahan Terhadap korosi

Selain proses pemasangan yang cukup mudah, pipa PVC juga memiliki sifat anti korosi. Bahkan yang leih hebatnya lagi, pipa PVC ini pun tahan terhada beberapa bahan kimia seperti alkali dan senyawa kimia lainnya. 

  1. Memiliki Permukaan yang Licin

Pipa jenis PVC meimiliki ciri khas tersendiri, yakni bagian permukaannya yang licin. Dengan begitu, maka kecepatan aliran di dalamnya menjadi konstan, tidak menimbulkan endapan kotoran, tidak mudah tergerus akibat adanya partikel tertentu, serta tahanan alirannya pun kecil. 

  1. Tidak Akan Menghantarkan Nyala Api

Keunggulan berikutnya dari penggunaan pipa PVC yang harus kalian ketahui, yaitu tidak akan menghantarkan nyala api. Hebatnya lagi, titik api tersebut bisa padam dengan sendirinya. 

Itulah beberapa keunggulan dari pipa PVC. Nah, bagi kamu yang ingin membeli berbagai jenis pipa PVC secara online, silahkan kunjungi situs http://www.pipahdpe.net/

Comments have been closed/disabled for this content.