Lakukan 3 Amalan Ini Sebelum Tidur ! Salah Satunya Baca Doa Sebelum Tidur

Kumpulan Doa untuk Ibu, Lengkap dengan Artinya

Setelah sepanjang hari melakukan banyak aktivitas, tentunya tubuh kamu akan merasa sangat lelah kan? Tidur merupakan cara cepat untuk menghilangkan lelah dan letih. Sejatinya tidur memang memiliki banyak manfaat, selain menghilangkan lelah dan letih. Seperti diantaranya dapat memperbaiki sel rusak, membantu menjaga pola makan, meningkatkan daya ingat, serta mencegah datangnya berbagai penyakit.

Dalam sehari, setidaknya kamu memerlukan waktu tidur selama 8 jam. Idealnya mulai dari pukul 10.00 malam hingga 06.00 pagi. Berbicara soal tidur, kamu harus tahu bahwa ketika matamu terlelap, maka “kegiatan” didalam tubuh akan berkurang. Dengan begitu, tidur seakan-akan digambarkan sebagai “mati” sementara. Gambaran soal tidur sama dengan mati ini jelas telah diajarkan dalam agama Islam.

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi dengan dirimu ketika tidur. Untuk mendapatkan tidur yang efektif dan bermanfaat, Islam telah mengajarkan doanya. Selain supaya dijaga selama tidur, membaca doa sebelum tidur ini juga dapat menjagamu dari godaan setan. Alhasil, kamu tidak akan bermimpi buruk. Setelah bangun tidur pun badan kamu akan kembali segar.

Supaya kamu terhindar dari gangguan jin dan setan jahat selama tidur, lakukan beberapa amalan dibawah ini sebelum tidur :

  1. Berwudhu

Islam mengajarkan umat Muslim untuk senantiasa menjaga keadaan tetap suci, dengan cara berwudhu. Malaikat juga senang mendampingi orang-orang yang suci atau terhindar dari kotoran dan najis.

Hadits Rasulullah SAW juga telah diriwayatkan oleh Ibnu Hibban :

“Barangsiapa tidur dalam kondisi suci maka diatas kepalanya terdapat malaikat. Tidaklah ia bangun, kecuali malaikat akan berdoa untuknya, ‘Ya Allah ampunilah hamba-Mu ini si fulan sungguh ia semalaman dalam keadaan suci.’”

  1. Membaca Ayat Kursi

Ayat kursi memiliki kekuataan besar yaitu dapat mengusir gangguan setan. Membaca ayat kursi sebelum tidur, maka dapat membuat malaikat senantiasa menjaga tidurmu hingga tibanya waktu subuh.

Dalam hadits riwayat Imam Bukhari, Abu Hurairah RA berkata bahwa :

“Rasulullah SAW menugaskanku menjaga zakat Ramadhan, kemudian datanglah seseorang yang mencuri makanan, maka aku memegangnya dan aku berkata, ‘Saya akan laporkan engkau kepada Rasulullah.’”

“Sebagaimana diceritakan dalam hadits, maka orang tersebut berkata, ‘Jika engkau hendak tidur di tempat tidurmu maka bacalah Ayat Kursi, maka penjagaan Allah senantiasa menyertaimu dan setan tidak dapat mendekatimu sampai waktu Subuh.’”

“Kemudian Rasulullah SAW bersabda, ‘Dia berkata benar kepadamu, walaupun dia seorang pembohong, dia adalah setah.’”

  1. Berdoa Sebelum Tidur

Amalan ketiga sebelum tidur adalah membaca doa sebelum tidur supaya Allah SWT senantiasa menjagamu. Pentingnya membaca doa sebelum tidur tercantum dalam hadits Rasulullah, dari sahabat yang bernama Al-Bara’ bin ‘Azib RA berkata bahwa, bersabda kepadaku Rasulullah SAW, yang artinya : “Apabila kamu mendatangi tempat tidurmu, maka berwudulah seperti kamu hendak melakukan shalat. Kemudian berbaringlah diatas bagian tubuh kanan. Lalu ucapkanlah, ‘Ya Allah aku menyerahkan diriku kepada-Mu, aku menyerahkan urusanku kepada-Mu, aku menyandarkan punggungku kepada-Mu, karena senang dan takut. Tidak ada tempat perlindungan dan penyelamatan dari-Mu, kecuali kepada-Mu. Aku beriman kepada kitab yang telah Engkau turunkan, dan Nabi yang telah Engkau utus.’ Apabila kamu meninggal dunia, maka kamu meninggal dalam keadaan fitrah. Dan jadikanlah ia ucapan terakhirmu.” (HR Bukhary 19/372)

Adapun doa sebelum tidur yang dapat diamalkan adalah sebagai berikut :

“Bismikallahumma ahyaa wa bismika amuutu.”

Artinya, “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

Comments have been closed/disabled for this content.