Cabang Olahraga Baru yang Akan Dipertandingkan di Olimpiade 2020

9 Potret Ceyco Georgia, Atlet Karate Muda yang Memesona!

Berita olimpiade 2020 terbaru hari ini, pada awalnya olimpiade 2020 akan dimulai pada 24 Juli-9Agustus 2020. Namun karena adanya Pandemi Covid-19, maka pesta olahraga sedunia ini diumumkan diundur selama satu tahun. Olimpiade 2020 akan dilaksanakan di Tokyo, Jepang pada 23 Juli- 8 Agustus 2021 mendatang. Di olimpiade tahun ini akan diikuti oleh 206 negara partisipan dan 37 cabang olahraga dengan 339 nomor yang akan dipertandingkan. Di olimpiade Tokyo 2020 terdapat 5 cabang olahraga baru yang akan dipertandingkan, yaitu Baseball/softball, Karate, Panjat tebing, Selancar dan Skateboard.

  • Baseball/ Softball

Cabang olahraga baseball/softball akan kembali dipertandingkan setelah terakhir kali menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade Beijing 2008. Di Olimpiade Tokyo 2020, olahraga ini diusulkan oleh Jepang untuk dapat dipertandingkan kembali dan menjadi cabang olahraga baru karena popularitasnya di negeri Sakura. Untuk cabang olahraga baseball di Olimpiade Tokyo 2020 akan diikuti oleh atlet pria. Sedangkan untuk softball yang permainannya hampir mirip dengan baseball( ukuran lebih mini) akan diikuti oleh atlet wanita. Cabang olahraga baseball/softball akan memperebutkan 2 medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

  • Karate

Cabang olahraga karate akan diikuti oleh 80 atlet dengan dua gaya, yaitu Kata dan Kumite. Kata adalah demonstrasi dari serangkaian jurus ( gerakan ofensif dan defensif) yang dibuat untuk dipraktekkan sendiri menargetkan lawan virtual. Sedangkan Kumite adalah pertarungan satu lawan satu antar karateka di area matted berukuran 8 x 8 meter. Pakaian Karateka mengenakan gi karate( pakaian tradisional) yang diikat menggunakan obi atau selempang. Dalam pertarungannya Karateka boleh menggunakan tekhnik menendang, meninju dan mencolok. Cabang olahraga Karate akan memperebutkan 6 medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

  • Sport Climbing

Olahraga Sport Climbing adalah olahraga yang sedang banyak digemari oleh masyarakat dunia saat ini. International Federation of Sport Climbing (IFSC) memperkirakan saat ini ada 25 juta masyarakat dunia yang melakukan olahraga ini secara teratur. Di Olimpiade 2020 cabang olahraga Sport Climbing akan dimainkan dengan format gabungan antar 3 disiplin ilmu, yaitu kecepatan, bouldering dan lead climbing. Biasanya tiga disiplin ilmu tersebut dipertandingkan sendiri-sendiri, namun di olimpiade 2020 nanti formatnya akan digabung agar lebih seru dan menantang. Cabang olahraga Sport Climbing akan memperebutkan 2 medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

  • Selancar

Cabang olahraga Selancar akan diikuti oleh 20 atlet peselancar pria dan 20 atlet peselancar wanita yang akan berlomba untuk mendapatkan medali emas. Medali emas yang diperebutkan berjumlah 2 buah. Cabang olahraga Selancar akan digelar di Pantai Tsurigasaki dan akan menjadi venue para atlet selancar yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. Kompetisi akan menggunakan sistem four man heat structure dimana empat peselancar akan bertanding dan dua terpilih akan masuk ke babak selanjutnya.

  • Skateboard

Cabang olahraga skateboard akan dipertandingkan di olimpiade 2020 dengan dua jenis pertandingan, yaitu street dan Park. Cabang ini akan memperebutkan 4 medali emas. Street menampilkan skateboarder yang memamerkan keterampilan individual di tangga, pegangan tangan, trotoar, bangku, dinding dan lereng. Sedangkan Park, para atlet akan unjuk kebolehannya di jalur berlubang yang penuh dengan tikungan tajam. Atlet akan meluncur dengan cepat kemudian melakukan trik di udara. Poin akan didapatkan dari tingkat kesulitan, orisinalitas, dan eksekusi trik yang dipamerkan.

Comments have been closed/disabled for this content.