Para Suporter yang Sangat Berpengaruh dalam Dunia Sepak Bola Indonesia

Piala AFF U-16: Pelatih Malaysia Sebut Tekanan Suporter Bukan Penyebab Kekalahan

Suporter menjadi bagian penting dari sebuah pertandingan sepak bola. Adanya pendukung yang loyal pastinya memberikan dorongan semangat yang bisa meningkatkan mental para pemain.

Di Indonesia sendiri hampir setiap klub besar punya kelompok suporter yang terorganisir. Mereka punya sebutan masing-masing dan selalu bangga dengan tim kesayangannya.

Nah, apa saja kelompok suporter yang ada di Indonesia?

  1. Brigata Curva Sud

Suporter ini muncul pada 2011 lalu dan merupakan suporter dari PSS Sleman. Suporter ini memiliki loyalitas yang sangat tinggi terhadap tim. Sekarang pun semakin terorganisir karena PSS Sleman sendiri juga semakin besar.

  1. Ultras Gresik

Di Gresik terdapat dua klub yaitu Persegres dan Petrokimia. Namun pada 2005 keduanya bergabung menjadi Gresik United. Para suporternya pun mendukung keputusan ini dan menjadi salah satu suporter yang berpengaruh di Indonesia.

  1. Pasoepati

Suporter dari Persis Solo ini merupakan singkatan dari Pasukan Soeporter Pelita Sejati. Kemunculan dari suporter ini sebenarnya kerana kehadiran Pelita Jaya pada 2000, namun sekarang berganti menjadi Persis Solo.

  1. Pusamania

Suporter ini memiliki nama panjang Putra Samarinda Mania. Dimana sekarang suporter ini mendukung tim kesayangan mereka, yaitu Borneo FC.

Berdirinya suporter ini sebenarnya sudah sangat lama, yaitu pada 1994, dan menjadi salah satu suporter tertua di Indonesia.

  1. Bonek

Akronim dari bondho nekat ini menjadi suporter Persebaya Surabaya. Suporter ini muncul sekitar tahun 1980an. Loyalitas mereka sangat kuat, bahkan punya stigma negatif yang kuat karena namanya tersebut.

Namun sekarang Bonek lebih terorganisir dan lebih kondusif. Berkat penataan pada 2017 lalu oleh salah satu pendukung setianya, Azrul Ananda.

  1. Aremania

Pendukung dari Arema FC ini menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia. Uniknya suporter ini memiliki kreativitas sangat tinggi, dan suportif. Meski banyak momen juga sempat berseteru dengan Bonek Mania.

Suporter ini telah ada sejak tahun 1990an, hingga sekarang pun semakin terorganisir.

  1. Kelompok Suporter Persipura

Suporter ini dijuluki Persipura Mania. Suporter ini juga sangat berpengaruh di dunia sepak bola Indonesia. Bahkan ada kelompok penggemar garis keras yang bernama The Comen’s dan Black Pearl Curva Nord.

  1. Kelompok Suporter PSM Makassar

Para suporter yang punya fanatisme kuat untuk tim PSM Makassar ini bernama The Maczman. Fans berat PSM Makassar ini muncul sejak awal 2001.

Setelah itu muncul kelompok suporter lain bernama Red Gank dan Laskar Ayam Jantan. Masing-masing dari suporter tersebut juga terstruktur dan memiliki karakter yang berbeda-beda.

  1. The Jakmania

Suporter dari Persija Jakarta ini dibentuk sendiri oleh manajemen tim pada sekitar tahun 1990an. Saat itu pembina Persija yang merupakan Gubernur Jakarta, sangat menyukai sepak bola. Sehingga dukungan pemerintah terhadap adanya suporter ini juga sangat baik.

Jakmania memiliki loyalitas yang sangat besar terhadap Persija Jakarta. Bahkan karena fanatisme tersebut Jakmania memiliki hubungan yang tidak baik dengan suporter dari Persib Bandung, yaitu Bobotoh. Hingga sekarang pun kedua fans ini sangat sulit untuk disatukan.

  1. Bobotoh

Suporter dengan jumlah paling besar di Indonesia adalah Bobotoh. Nama ini dari Bahasa Sunda yang berarti orang yang memberikan semangat kepada orang lain.

Suporter ini juga memiliki usia yang sangat tua, yaitu sekitar tahun 1970an. Dengan keorganisasian yang sangat kuat, Bobotoh bahkan memiliki pendukung dari mancanegara.

Itulah suporter dari berbagai tim di Indonesia yang sangat berpengaruh terhadap dunia sepak bola Indonesia. Simak informasi terkait dunia sepak bola Indonesia terlengkap disini, jangan sampai ketinggalan!

No comments have been made. Use this form to start the conversation :)

Leave a Reply