Tv Tabung Yang Sebentar Lagi Akan Dipensiunkan

TV Tabung Untuk TV Digital? Emang Bisa?!
source gambar : rctiplus.com

 

Tidak lama lagi tv tabung akan segera dipensiunkan. Penyebab dari hal ini adalah karena Indonesia ingin mendigitalisasikan tv yang sebelumnya menggunakan antena biasa untuk dirubah kedalam bentuk set top box. Memang ada banyak masyarakat yang harus terpaksa membeli alat baru yang dinamakan set top box ini.

Namun pemerintah juga tidak tinggal diam dengan turut memberikan alat ini dengan cuma – cuma dan bahkan turut memberikan diskon yang cukup besar. Berikut alasan tv tabung yang sebentar lagi akan dipensiunkan dan digantikan dengan set top box yakni :

  1. Sudah tidak relevan dengan perkembangan zaman

Tv analog sudah tidak relevan lagi untuk digunakan. Hal ini karena perkembangan zaman sudah tidak lagi mendukung tv analog. Perkembangan satelit yang sudah maju dan memiliki manfaat yang lebih tinggi membuat tv analog akan segera dipensiunkan. Ini sudah disepakati oleh pemerintah sehingga tak lama lagi program ini akan segera terlaksana.

Ada 15 daerah di indonesia yang tv analognya akan segera dimatikan dan digantikan dengan tv digital. Ke 15 wilayah ini antara lain Aceh, yang meliputi Aceh besar dan Banda Aceh, lalu disusul oleh Kepulauan Riau yang meliputi Kab. bintan, Kab. Karimun dan masih ada banyak lagi wilayah Indonesia yang akan segera menyusul

 

  1. Sudah jadul

Alasan kedua diputuskannya tv analog dan dirumah ke dalam tv digital karena sudah jadul. Tv analog sudah tidak lagi layak untuk dipakai mengingat perkembanganaa zaman sudah sepesaat ini. Banyak Negara – Negara Asia yang bahkan lebih dulu menonaktifkan tv analog seperti Malaysia, Singapura dan Thailand. Indonesia juga akan segera menyusul dan memperbarui saluran tv nya kedalam mode digital.

 

  1. Tidak praktis

Tv analog diklaim sudah tidak praktis lagi untuk digunakan. Sudah saatnya era tv digital yang mendominasi tv Indonesia. Tv analog sendiri juga sudah tidak lagi relevan dalam menyiarkan berbagai saluran tv dan cenderung saluran tv nya semakin menyempit. Mengingat hal  ini dikarenakan banyak saluran tv nasional yang bermigrasi kedalam tv digital dan sudah tidak lagi menyiarkan saluran tv nya kedalam tv analog.

 

  1. Siaran tv tidak selengkap set top box

Siaran tv analog saat ini kalah jauh dengan set top box. Tv digital yang memakai alat set top box jauh memiliki kualitas siaran yang beragam. Hal ini karena tv digital didukung penuh dengan saluran satelit yang lebih luas sehingga menyebabkan tv digital memiliki siaran dengan kualitas yang lebih baik dan lebih lengkap.

 

  1. Kurang bersaing

Tv analog juga tidak bisa menyaingi tv digital dalam berbagai hal. Karena kurang bersaing inilah juga menyebabkan tv analog akan segera dipensiunkan. Masyarakat sendiri juga banyak yang menginginkan saluran tv yang lebih baik dan berkualitas.

 

  1. Resolusi gambar set top box lebih berkualitas

Pada dasarnya sudah dipastikan bahwa resolusi gambar pada set top box jauh lebih berkualitas daripada tv analog. Tv digital memiliki kualitas siaran hingga max 1080p dan ini adalah kualitas terbaik yang bisa dihasilkan oleh tv digital. Berbeda dengan tv analog yang kualitas gambarnya jauh dibawah tv digital.

 

  1. Adanya sinyal yang mendukung

Berbeda dengan tv analog, Tv digital ini menggunakan sinyal. Dengan adanya sinyal inilah tv digital dapat digunakan dengan berbagai fungsi yang berbeda. Bisa untuk streaming film dan menonton siaran yang lebih luas adalah keunggulan tv digital.

 

Tv analog tidak lama lagi akan ditinggalkan. Moderninasi memang diperlukan untuk menunjang kualitas yang lebih baik.

Comments have been closed/disabled for this content.